Gambut Bakal Jadi Kota: Tanah Pertanian Akan Dipindahkan




Gambut Bakal Jadi Kota: Tanah Pertanian Akan Dipindahkan - Tanah pertanian di Kecamatan Gambut sangat menggiurkan untuk investasi. Soalnya, kawasan ini sangat dekat berada di tengah-tengah dengan Banjarmasin dan Banjarbaru. Tidak heran marak terjadi alih fungsi lahan untuk kebutuhan tanah kavling, perumahan, pertokoan, dan areal bisnis di daerah penyangga tersebut.



Gambut Bakal Jadi Kota

Sebagai kawasan yang berdekatan dengan Banjarmasin, tentu Gambut terkena imbas pembangunan perkotaan. Didalam foto nampak menjulang gedung Hotel Aston Banua milik Banua Land Sejahtera, lalu ada rumah minimalis Perumahan Moderm Woodpark milik grup Woodland Residences dan dikiri foto ada proyek The Galeria Mall dan Sky Pavilion Apartment milik grup Mayapada. Dibalik gedung Aston Banua ada lahan milik Rimo Land yang kedepan mau membangun residensial dan mini golf. Mereka adalah empat pengembang yang berbeda-beda, namun menggarap lahan yang satu kawasan. 
 
Dikutip dari https://kalsel.prokal.co “Kami tidak bisa menahan laju kebutuhan lahan di Gambut atau kecamatan lain batas wilayahnya langsung berhadapan dengan Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru," ucap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry, kemarin. Dia mengatakan yang bisa diusahakan adalah solusi seperti insentif untuk petani.

Ketika berdebat dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pun, Gambut termasuk kena dampak. Lahan sawah berkurang sangat luas. Ditambah lagi ada aturan dari Pemprov Kalsel yang menetapkan jarak kawasan lahan yang diizinkan untuk alih fungsi di luar pertanian sejauh 1.250 meter dari jalan nasional.

“Bagian kiri dan kanan Jalan Lingkar dan Jalan A Yani diperbolehkan untuk alih fungsi lahan sejauh 1.250 meter dari titik tengah jalan. Sehingga, lahan pertanian makin terdesak dan jauh ke dalam,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Banjar, terang Fachry mengganti kawasan pertanian yang hilang dengan lahan baru di wilayah atas seperti Cintapuri Darussalam, Aranio, Karang Intan, dan Pengaron.
“Daerah atas relatif aman dari alih fungsi lahan. Cintapuri Darussalam bisa jadi Gambut kedua, sejauh mata memandang lahan pertanian sangat luas. Padahal secara aturan areal itu masuk kawasan perkebunan tapi digunakan untuk bertani oleh warga,” kata Fachry.

Kabupaten Banjar juga mengakomodasi program Kementerian Pertanian yang bertekad membuka lahan mati suri, terutama kawasan rawa untuk keperluan pertanian. Program Serasi (selamat rawa sejahterakan petani) dengan luasan 38.363 hektare di 12 kecamatan menjaga agar tidak ugal-ugalan mengubah lahan pertanian.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Pengawasan Bangunan Dinas PUPR Farida Ariyati mengatakan revisi RTRW segera dituntaskan akhir tahun 2019. Perda itu mengatur Kawasan budi daya atas beberapa jenis kawasan. Di antaranya adalah Kawasan Peruntukan Pertanian dan Kawasan Peruntukan Permukiman di Gambut.

“Kawasan budi daya ini digunakan oleh Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan perikanan. Dalam RTRW tidak bisa merinci desa mana saja yang masuk kawasan pertanian berkelanjutan, semua berdasarkan titik koordinat dengan peta skala 1:50.000, jadi tidak terlihat batas desa-desa,” ujarnya.
Gambut, disebut sebagai wilayah free urban. Satu persatu, desa di sana bakal menjadi kota karena ada limpahan masyarakat yang memilih tinggal di Gambut,“jadi suatu saat desa-desa itu akan menjadi kota, dampaknya itu pasti akan terjadi perubahan secara fiskal, sosial, karena luberan kota tadi,” ucapnya.

Hal ini pun dimanfaatkan  CV. Furqon Properti Untuk Menghadirkan Tanah Kavling Perumahan Siap Bangun di Gambut untuk berinvestasi dan bersama-sama melihat peluang Gambut Bakal Jadi Kota: Tanah Pertanian Akan Dipindahkan. 

Dari segi investasi tanah kavling masih terbuka lebar apakah Anda ingin menggunakan tanah untuk rumah sebagai tempat tinggal atau sebagai ruko (namun posisi harus diutamakan di depan jalan).

Fasilitas Tanah Kavling Perumahan Siap Bangun Di Gambut, Banjarmasin


Tanah kavling perumahan siap bangun ini akan menjadi kawasan ramai penduduk dan harga tanah akan terus naik seiring ramainya pemukiman dan fasilitas-fasilitas yang ada. Tanah kavling perumahan siap bangun akan menawarkan beberapa fasilitas yang mana akan dilengkapi :

1. Lokasi Strategis


 
Dalam dunia properti ada rumus populer yang sampai sekarang masih dipercaya yakni lokasi, lokasi dan lokasi. Jadi apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan dan kesuksesan hendaknya faktor lokasi harus menjadi yang utama untuk dipertimbangkan.

Nah tempat strategis menunjukkan jarak dan waktu yang harus ditempuh cukup dekat dari rumah ke tempat lain yang biasa anda gunakan cohtohnya pasar, supermarket, sekolah, kantor, tempat wisata, tempat berolahraga. Sebisa mungkin lokasi rumah mendukung semua aktivitas Anda sehari-hari. Tapi umumnya harga rumah di lokasi seperti ini lebih mahal. 

Nah untuk Lokasi strategis yang dimiliki tanah kavling perumahan siap bangun cv. furqon properti Banjarmasin adalah Anda hanya perlu lebih dari 45 menit dari kota Banjarbaru. Yang mana berada ditengah kota Banjarmasin dan Martapura. Banjarmasin sekitar 1 jam dari kota Banjarbaru dan Martapura 37 menit dari kota Martapura.

2. Pesantren Tahfidz Qur'an


Pesantren Tahfidz Qur'an
Sesuai dengan nama perumahan "tahfidz " disini akan dibuka pesantren tahfidz besar yang mana tujuan dari perusahaan akan mencetak tahfid-tahfidz alqur'an. Nah tentunya akan memiliki lingkungan yang nyaman karena memiliki para muslim dan muslimah di kawasan ini.

3. Dekat Dengan Water Boom

Di tanah kavling perumahan siap bangun cv. furqon properti dekat dengan water boom yang sangat digemari oleh anak-anak.

4. Dekat Dengan Aston

Mengingat lahan yang sangat strategis dekat dengan aston yang bisa dinikmati  oleh pembeli tanah kavling di kawasan ini.Selain itu tanah kavling juga dengan dengan pasar gambut kindai limpuar yang hanya butuh 5 menit untuk mencapai kesana.

5. Akses Listrik dan Pdam Tersedia

Satu lagi fasilitas yang bisa Anda rasakan adalah adanya akses listrik dan pdam yang sudah tersedia sehingga Anda sebagai pembeli akan mendapat tanah di kota yang mana bukan lahan hutan bergarap. 

Keunggulan Tanah Kavling Perumahan Siap Bangun Hadir di Gambut Banjarmasin
  1. Free notaris
  2. Berada di wilayah berkembang pemukiman warga dan perumahan.
  3. Akses listrik dan pdam tersedia.
  4. Tepat berada di belakang Aston.
  5. Dekat dengan pasar

Nah sampai disini Apakah Anda tertarik untuk menjadi pemilik dari tanah kavling perumahan siap bangun di Gambut Banjarmasin. Yang mana Perumahan yang diklaim akan menjadi kawasan pemukiman dan perumahan yang akan segera berkembang di Kalimantan Selatan.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Ikuti Juga Situs